“Ilmu” Kudu

0
1946

“LIMU” KUDU

Oleh: Suparlan *)

 

Blitar, Jawa Timur, terkenal denga ketok magicnya. Zaman dulu ketok magic dilakukan dengan imu gaib yang dikenal dengan “ilmu” kudu. Yang ditulis dalam artikel singkat ini sama sekali tidak terkait dengan “ilmu” kudu yang terdapat di Blitar tersebut. Tapi terkait dengan tulisan yang dipasang di Universitas Tama Jagakarsa.

Beberapa bulan lalu, Universitas Tama Jagakarsa telah memasang kata-kata penyemangat KUDU di bawah nama UNIVERSITAS TAMA. Setiap orang membaca nama universitas tersebut, pastilah  akan membaca kata KUDU tersebut. Tentu banyak orang yang tidak mengerti Bahasa Jawa pasti akann bertanya dalam hati apa itu KUDU? Atau sebaliknya ahhh …. peduli amat kata itu, apa arti sebuah kata. Tulisasn singkat ini akan sedikit menjelaskan tentang makna kata KUDU dan implikasi penggunaan kata KUDU. Tulisan ini lebih sebagai klarifikasi atau penjelasan singkat tentang kata tersebut.

Arti kata kudu adalah HARUS, atau dalam bahasa Inggris sinonim kata must. Kalimat kowe kudu lungo atau dalam bahasa kasar kowe kudu minggat dalam Bahasa Jawa sama artinya dengan You must go now. Apa lagi kalau kalimat tersebut diucapkan dengan nada yang keras. Maknanya menjadi semacam perintah memaksa yang tidak boleh ditolak. Jadi, makna KUDU dalam hal ini ada aspek negatifnya karena ada paksaan, karena ada faktor perintah yang memaksa.

Dalam konteks kata KUDU di bawah tulisan UNIVERSITAS TAMA JAGAKARSA, memiliki makna yang berbeda. Kata tersebut memiliki makna sebagai penyemangat. Artinya sama juga HARUS. Maknanya juga sebagai paksaan juga, dalam arti positif. Misalnya kamu harus berhasil membesarkan universitas ini. Kamu harus memenangkan pertandingan. Kamu harus berhasil memenangkan perkara. Kamu harus berhasil membangun gedung universitas ini. Kamu harus menaikkan jumlah mahasiswa di FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Demikian seterusnya. Makna kata KUDU adalah HARUS dalam arti positif untuk memberikan motivasi agar berhasil atau sukses untuk menjacapai tujuan yang telah ditetapkan. Insyaallah.

Manjadda wajadda. Dalam Bahasa Arab kita mengenal kata-kata mutiara yang berarti “siapa yang telah berusaha dengan sungguh-sungguh, ia akan berhasil. Dalam Bahasa Inggris, Martin Luther King Jr. mengatakan sebagai berikut: “If you can’t fly then run, if you can’t run then walk, if you can’t walk then crawl, but whatever you do you have to keep moving forward,”  yang artinya “Jika Anda tidak bisa terbang, maka berlarilah; jika Anda tidak dapat berlari, maka berjalanlah; jika Anda tidak dapat berjalan, maka merayaplah, tetapi apa pun yang HARUS Anda lakukan adalah bergerak ke depan.” Jadi kata-kata mutiara Martin Luther King Jr. ini pun menggunakan kata KUDU atau HARUS juga, seperti yang telah dipasang di bawah nama UNIVERSITAS TAMA.

Akhirul kalam, kita harapkan agar dengan memahami makna kata KUDU tersebut, insyaallah kita dapat mengamalkan untuk mencapai tujuan pendirian lembaga pendidikan UNIVERSITAS TAMA JAGAKARSA untuk mendukung upaya menderdaskan kehidupan bangsa. Amin.

*) Laman: www.suparlan.com; Surel: me@suparlan.com; MASDIK.COM.
Depok, 25 Agustus 2016.

BAGIKAN
Berita sebelumyaGuru Tatang Meninggal, Kemendikbud Langsung Bergegas ke Bandung
Berita berikutnyaEra Teknolgi Informasi dan Komunikasi
Hallo, Saya Suparlan. Penulis buku pertama saya berjudul MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA, tentang KECERDASAN MAJEMUK. Silakan membuka laman pribadi www.suparlan.com dan portal pendidikan Masdik.com. Sampaikan ide dan masukan. Bahkan BAHAN DISKUSI untuk memperkaya portal pendidikan ini. Matur nuwun sanget.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here