Politikus PKS Ini Dukung Gagasan Mendikbud dengan Syarat…

0
521

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih menyambut baik gagasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi yang akan menerapkan sistem sekolah sehari penuh (full day school/FDS). Namun, pihaknya setuju dengan catatan.

Alasan Fikri setuju dengan gagasan tersebut, karena waktu di sekolah lebih lama sehingga target-target kurikulum bisa dituntaskan sesuai tujuan pendidikan nasional.

"FDS memperkecil dampak budaya negatif yang berkembang di luar dunia pendidikan," kata Fikri, Selasa (9/8) menyampaikan alasannya mendukung gagasan Menteri Muhadjir.

Namun, sebelum menerapkan FDS, pemerintah harus segera mengatasi kendala utama di sekolah, memberi ruang yang luas, reward serta apresiasi terhadap guru yang kreatif-inovatif dan berprestasi.

"Kalau tidak, sekolah akan membosankan bagi siswa dan guru itu sendiri. Sarana dan prasarana edukasi juga harus segera dilengkapi sesuai tuntutan kurikulum," pintanya.

Bila syarat-syarat tersebut belum dipenuhi, kata dia, maka penerapan sistem FDS tidak boleh menyeluruh. Pemerintah harus memilih mana satuan pendidikan yang sudah siap.

"Jangan paksakan semua sekolah harus menerapkannya," pungkas wakil rakyat dapil Jawa Tengah.(fat/jpnn)

Selengkapnya: www.jpnn.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.