Tak Hanya Operasi Tempur Laut, Koarmabar Juga…

0
610

JAKARTA – Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Siwi Sukma Adji diwakili Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Pangarmabar Kolonel Laut (P) Budi Purwanto menerima kunjungan mahasiswa Cohort-3 Program Pendidikan Keamanan Maritim Fakultas Manajemen Pertahanan Universitas Pertahanan (Unhan) di Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jakarta Pusat, Kamis (11/8).

Pangarmabar dalam amanat tertulis dibacakan Asrena Pangarmabar mengatakan, sebagai Komando Utama (Kotama) TNI, Koarmabar memiliki tugas pokok sebagai Kotama Operasi dan Kotama Pembinaan.

Sedangkan sebagai Kotama Operasi, Koarmabar bertugas menyelenggarakan operasi intelijen maritim guna mendukung pelaksanaan operasi laut, menyelenggarakan operasi tempur laut dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP) yang dilaksanakan baik operasi gabungan maupun mandiri. Koarmabar juga meyelenggarakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) serta operasi laut sehar-hari maupun operasi keamanan laut di wilayah sesuai kebijakan Panglima TNI.

Sedangkan sebagai Kotama Pembinaan, Koarmabar bertugas melaksanakan pembinaan kemampuan dan kesiapan kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) meliputi Pangakalan dan Marinir. Selain itu, melaksanakan pembinaan kemampuan peperangan laut, pembinaan kemampuan untuk melaksanakan OMP dan OMSP dalam rangka pengendalian laut.

“Juga melakukan proyeksi kekuatan ke darat lewat laut, dalam rangka penegakkan kedaulatan dan hukum di laut. Sebagai Kotama Pembinaan, Pangarmabar berkedudukan di bawah Kepala Staf TNI Angkatan Laut,” katanya.

Selanjutnya, Pangarmabar mengatakan dalam mewjudkan tuntutan tersebut Koarmabar mempunyai visi dan misi yakni "Terwujudnya kondisi laut di wilayah Koarmabar yang aman dan terkendali dalam rangka menegakkan kedaulatan hukum di laut.”

Dalam kunjungan tersebut, rombongan Mahasiswa Unhan sebanyak 21 orang dipimpin Letkol Laut (KH) Yusnaldi menerima paparan dari Paban Ops Staf Operasi Koarmabar Letkol Laut (P) Tony Herdijanto.

Tony memaparkan materi tentang Gelar Operasi Koarmabar Dalam Menghadapi Ancaman Pertahanan dan Keamanan di Wilayah Barat. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disambut antusias para mahasiswa Unhan.

Menurut Kadispen Koarmabar, Mayor Laut (KH) Budi Amin, beberapa pejabat Koarmabar hadir dalam kegiatan tersebut. Di antaranya Komandan Kolat Koarmabar, Komandan Polisi Militer Koarmabar, Komandan Satuan Kapal Eskorta Koarmabar, Kepala Dinas Keuangan Koarmabar, Kepala Dinas Informasi dan Pengelolaan Data Koarmabar dan Kepala Dinas Potensi Maritim Koarmabar.(fri/jpnn)

Selengkapnya: www.jpnn.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.