Apa Tuh… Tag Awan

0
858

Oleh: Suparlan *) 

Sejak laman pribadi www.suparlan.com diluncurkan ke dunia maya, terlebih setelah disusul lagi dengan portal MASDIK.COM, baru kali ini saya memperoleh peringatan hati-hati dengan warna merah dari pihak yang berkepentingan untuk mengamankan semua pihak, khususnya pihak pemilik dan sekaligus pengguna informasi. Tentunya peringatan tersebut membuat saya agak scare (kecut) juga. What is the problem?  Tapi setelah saya intip informasinya, saya yakin bahwa informasi tersebut hanya beberapa pertanyaan tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.

Sampai sejauh ini, pertanyaan semacam itu memang yang sering saya terima dari para pembaca. Akhirnya, pertanyaan tersebut saya terima untuk kemudian diberikan jawabannya. Alhamdulillah. Bagi saya pribadi, dari segi hukum, pertanyaan seperti itu sama dengan memberi salam yang hukumnya sunnah, maka yang menjawab hukumnya wajib. Karena itu, akhirnya pertanyaan itu saya terima dan kemudian saya jawab sesuai dengan kemampuan saya.

Tag Awan, apa tuh?

Secara tak sengaja saya membuka portal, dan baru saja mengunggah informasi, terbacalah itu tulisan TAG AWAN. Sebelumnya, saya diberitahu oleh webmasternya tentang apa itu TAG AWAN. Tapi belum sempat dijelaskan kepada saya “binatang apa itu?”

Tag Awan

alam Al Quran alumni amal Anies Baswedan banjir Bansos BioporiDewan PendidikanGenerasi Emas Gerakan Literasi Sekolah Guru Hafiz Hari Guru Nasional Hari Pendidikan Nasional hujan Idul Fitri IlmuIppho Santosa Iqra Islam Jalur HijauKauniyah KesehatanKomite Sekolahkorupsi kurikulumLingkungan Hidup LiterasiLubang Sampah Organik (LSO)membaca Mendikbud menulisPancasila pelajar PendidikanPendidikan Karakterpidato Puasa puisiRamadhan SekolahSekolah Dasar syukur Trenggalek

 

Wujud TAG AWAN itu adalah beberapa tulisan, banyak bahkan. Menurut perkiraan saya tulisan-tulisan itu adalah substansi atau konten yang ada di dalam portal. Mungkin TAG AWAN itu adalah semua kata yang dituliskan sesuai dengan jumlah yang terbanyak sampai yang paling kecil. Kalau saya dapat bandingkan TAG AWAN itu sama dengan KEYWORDS dalam sebuah abstrak suatu tulisan. TAG AWAN merupakan istilah yang super teknis yang ada dalam suatu laman atau portal, yakni kata-kata yang ada dalam suatu portal mulai dari yang paling banyak sampai ke paling sedikit. Itulah yang dimaksud TAG AWAN tersebut.

Berdasarkan tag awan tersebut, kita dapat menjelaskan bahwa tulisan dalam laman atau portal tersebut sesuai dengan peringkat urutan kata yang paling besar. Dalam hal ini tema atau judul yang paling banyak dalam laman atau portal tersebut adalah Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.

Key-words

Kalau dapat saya bandingan dengan konsep-konsep yang ada dalam skripsi atau tesis atau disertasi, maka TAG AWAN itu seperti sama dengan KEYWORDS. KEYWORDS  adalah lima kata yang menunjukkan konsep yang paling penting untuk dibahas dalam tulisan tersebut. Kalau Anda membuka skripsi, atau tesis, atau disertasi, maka key-words itu adalah tertulis dalam kalimat terakhir dalam abstract-nya. Lagi, abstract tersebut harus ditulis dengan spasi tunggal.

TAG AWAN dalam portal MASDIK.COM kalau kita perhatikan memang didominasi oleh kata DEWAN PENDIDIKAN dan KOMITE SEKOLAH dan kemudian disusul dengan kata-kata yang lain dalam prosentase yang kecil. Suatu ketika, nanti akan saya tunjukkan visualisasinya apa itu TAG AWAN itu.

Itulah sebabnya, ketika ada peringatan hati-hati dari pihak yang terkait untuk tujuan pengamanan, saya dengan mudah mengetahui bahwa pertanyaan yang diajukan dalam portal tersebut adalah memang pertanyaan yang paling banyak diajukan oleh masyarakat. Sayang saya tidak dapat menunjukkan TAG AWAN tersebut secara visual, karena tulisan singkat ini akan segera saya akhiri. Yang terpenting, tulisan MERAH yang digunakan agar saya BERHATI-HATI membuka portal tersebut dan kemudian menjawabnya dengan penuh pertimbangan, Alhamdulillah pertanyaan tersbut telah saya jawab sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Alhamdulillah.

Depok, 3 September 2016.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.