198 Taruna AAL Naik Tingkat dan Pangkat

0
1272

JAKARTA – Sebanyak 198 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) naik tingkat dan pangkat. Mereka adalah Taruna/Taruni AAL angkatan ke-62 sebelumnya tingkat III naik menjadi tingkat IV atau dari Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar) menjadi Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar) sebanyak 96 orang, dan angkatan ke-63 sebelumnya tingkat II naik menjadi tingkat III atau Sersan Taruna (Sertar) menjadi Sermadatar sebanyak 102 orang.
 
Upacara kenaikan pangkat dan tingkat dipimpin oleh Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, Jumat (1/7) di lapangan Arafuru AAL Bumimoro, Surabaya.

Upacara ini dihadiri Wagub AAL Laksamana Pertama TNI R. Edi Surjanto, para pejabat utama AAL, dan pengasuh Taruna AAL.
 
Gubernur AAL dalam amanatnya menegaskan bahwa upacara kenaikan pangkat ini merupakan wujud penghargaan dari Pemimpin kepada para Taruna/Taruni yang telah memenuhi standar persyaratan dalam bidang akademik, kesehatan, kesamaptaan jasmani, serta kepribadian, setelah melalui proses penilaian dan pengamatan obyektif, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan melalui sidang Dewan Akademik.
 
Akademi Angkatan Laut adalah lembaga pendidikan TNI AL tingkat akademi yang memiliki tugas pokok mendidik dan menggembleng generasi muda Indonesia terpilih, untuk menjadi Perwira Matra Laut calon pemimpin TNI AL, TNI, bangsa dan Negara di masa depan.

Sebagai calon pemimpin, para Taruna/Taruni dituntut memiliki kemampuan kepemimpinan (Leadership Skill) yang handal seiring dengan tuntutan jaman. Ciri-ciri pemimpin yang baik adalah mereka yang professional dibidangnya, bermoral, memahami dan melaksanakan 11 Azas Kepemimpinan, memiliki tingkat keimanan dan ketaqwaan yang inggi serta berani yang ditunjukkan dengan semangat patriotisme yang tinggi.

Selain itu, para Taruna/Taruni juga dituntut memiliki kemampuan dan skill yang lebih baik, lebih smart, visioner, ulet dan lebih peka dari bawahan, sehingga bawahan akan merasa terinspirasi, kagum, loyal, dan hormat kepada pemimpinnya.
 
“Semua bekal kepemimpinan masa depan tersebut akan Taruna/Taruni peroleh di AAL ini, sebuah institusi yang memang dipersiapkan oleh para pendahulu untuk mencetak pemimpin-pemimpin unggulan dari generasi ke generasi,” tegas Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, seperti dilansir dalam siaran pers Dispen AAL.
 
Pada upacara tersebut, Gubernur AAL menganugerahkan  tanda penghargaan “Ati Tanggap, Tanggon Kosala dan Dira Trengginas serta Tri Sakti Wiratama” bagi Taruna AAL tingkat III angkatan ke-62.

Penganugerahan tanda penghargaan “Ati Tanggap” diberikan kepada Sermadatar (P) I Putu Ajun. Sedangkan penghargaan “Tanggon Kosala” diberikan kepada Sermadatar (M) Muhammad Lutfi, serta penghargaan “Dira Trengginas” dan “Tri Sakti Wiratama” diberikan kepada Sermadatar (T) Samsul Huda.(fri/jpnn)

Selengkapnya: www.jpnn.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.