Penting Diketahui Para Pendaftar Mandiri FK Unair

0
647

SURABAYA – Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, masih menjadi favorit. Jumlah pendaftar lewat jalur mandiri prodi Pendidikan Dokter mencapai 2.161 orang dengan kuota 75 orang. Pada kelompok IPS, prodi Akuntansi diminati oleh 548 orang dengan kuota 87 orang.

Rektor Unair Prof Muhammad Nasih mengatakan tak berbeda dengan jalur lainnya,  FK  masih menjadi pilihan favorit pendaftar jalur mandiri.  Namun, bagi sejumlah prodi yang memiliki kekurangan peminat, seperti Ilmu Sejarah. 

“Untuk jalur mandiri, beberapa prodi kami memang agak kurang, misalnya Ilmu Sejarah akan kami penuhi di SBMPTN. Karena peminat jalur mandiri pasti akan jarang. Kami akan coba (terima, Red) dari pendaftar yang menempatkan pilihan kedua dan ketiga. Apabila memang masih kurang, kami akan coba buka (pendaftaran, Red) lagi,” tutur Prof  Nasih usai halal bihalal di rektorat Unair,Selasa (12/7). 

Ia menambahkan, tahun ini kali pertama jalur mandiri bakal menerima program bidikmisi. Pendaftaran via online untuk mandiri bidikmisi bisa dilakukan mulai 12 Juli dan ditutup pada 19 Juli 2016 pukul 22.00.

“Persyaratan khusus yang wajib dipenuhi oleh pendaftar bidikmisi jalur mandiri adalah peserta harus memiliki nomor bidikmisi,” tegas dia. 

Proses verifikasi dokumen pendaftaran akan dilakukan pada 12 hingga 19 Juli 2016 dan pengumuman lolos verifikasi pendaftaran akan dilakukan pada rentang tanggal tersebut. Namun, bagi pendaftar yang tidak lolos verifikasi, akan diberi masa perbaikan sampai 21 Juli 2016 pukul 15.00. 

Pelaksanaan ujian mandiri baik jalur bidikmisi maupun non-bidikmisi akan dilangsungkan bersamaan pada 24 Juli 2016. 

Pelaksanaan ujian tertulis akan dilangsungkan secara paper-based test yang meliputi tes potensi akademik, dan tes prestasi akademik.

Pria asal Gresik itu menambahkan, tes potensi akademik yang diujikan meliputi materi kemampuan verbal, numerik, dan penalaran. Sedangkan, pada tes prestasi akademik kelompok IPA, materi yang diujikan adalah Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, dan Bahasa Inggris. 

Pada kelompok IPS, materi yang diujikan adalah Matematika, Sosiologi dan Antropologi, Tata Negara, Ekonomi, Geografi, Sejarah, dan Bahasa Inggris. Bagi pendaftar kelompok IPC, materi yang diujikan adalah gabungan kelompok IPA dan IPS.

Tahun ini, jadwal seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri dan vokasi atau Diploma 3 dan D-4 Unair dilaksanakan secara bersamaan. Kebijakan tersebut diberlakukan untuk menghindari kesempatan coba-coba bagi lulusan SMA/sederajat yang ingin masuk ke Unair. 

“Kami berharap agar orang itu mulai berpikir realistis. Orang itu harus memilih mau D-3 atau S-1. Kalau mau kerja, ya, pilih ke D-3 saja. Jadi, tidak bisa lagi seperti dulu. Kalau daftar S-1 nggak lolos, terus daftar D-3 semuanya. Jadi, mulai sekarang harus dilakukan pemilihan,” tutur Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Unair tersebut.(han/no/sam/jpnn)

Selengkapnya: www.jpnn.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.