Si Doel Imbau Orang Tua Antar Anak di Hari Pertama Sekolah

0
553

JAKARTA – Gubernur Banten Rano Karno mengimbau para orang tua menyempatkan diri mengantarkan anak-anaknya pergi sekolah pada hari pertama sekolah, Senin (18/7). Imbauan itu menurutnya, sesuai dengan surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Masuk Sekolah.

"Saya hanya ingin menguatkan saja arahan yang disampaikan Pak Menteri Anies Baswedan. Sebagai orang tua, penting untuk mengantarkan anak ke sekolah," kata Rano kepada wartawan, Kamis (14/7).

Menurut pemeran utama sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" ini, kehadiran orang tua mengantarkan anak menyimpan pesan penting bagi anak yakni bentuk kepedulian dan rasa cinta yang mendalam yang akan terus membekas pada jiwa anak.

"Kesibukan tak boleh menjadi alasan atas ketidakpedulian kita terhadap masa depan anak. Kita tentu tidak ingin anak-anak tumbuh dan berkembang sementara kita absen dan tidak pernah hadir dalam momen-momen penting perjalanan hidupnya," ujar Doel.

Dia menegaskan, dimensi kemiskinan tidak hanya semata-mata soal terbatasnya jumlah uang, namun juga minimnya akses terhadap pendidikan. Demokrasi lanjut Doel, tidak hanya perkara politik, tapi juga soal demokratisasi pendidikan. Sebab, setiap warga memiliki hak yang sama atas layanan pendidikan.

"Pendidikan baik formal maupun nonformal masih menjadi prioritas utama agenda pembangunan di Banten di samping kesehatan dan infrastruktur," imbuhnya.

Selain itu, Doel juga menyinggung perhatian Pemprov Banten terhadap persoalan kesejahteraan guru dan kapasitas yang harus terus-menerus ditingkatkan. 

Karena itu, gubernur telah memerintahkan Kadis Pendidikan untuk merumuskan grand design jenjang karir guru untuk meningkatkan profesionalismenya sebagai pendidik.

"Tidak akan ada profesi-profesi hebat di muka bumi tanpa kehadiran guru-guru hebat yang mengantar kita semua lebih terbuka dan bersentuhan dengan dunia yang lebih luas," katanya. (fas/jpnn)

Selengkapnya: www.jpnn.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.