Ini Cara Mendikbud Tingkatkan Kualitas Pendidikan Papua

0
736

JAKARTA- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menegaskan komitmen pemerintah meningkatkan kualitas generasi muda dari tanah Papua melalui pendidikan yang bermutu, terukur dan terencana.

Caranya ialah lewat beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) sesuai  amanat undang-undang dan semangat Nawa Cita.

“Negeri kita ini bhineka. Dan tempat yang paling banyak kebhinekaannya adalah di Papua. Indonesia memiliki sekitar 700 bahasa, dan 400 di antaranya berasal dari tanah Papua,” ujar Anies di Jakarta, Sabtu (16/7).

Berdasarkan hasil analisis program pemerintah di bidang pendidikan ditemukan bahwa pembangunan infrastruktur pendidikan di Papua tidak bisa disamakan dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

Beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah Angkatan IV Tahun 2016/2017 terselenggara berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 65 Tahun 2011 serta Nota Kesepahaman  antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta Kementerian Dalam Negeri.

Program beasiswa afirmasi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan para siswa lulusan SMP dari Provinsi Papua dan Papua Barat untuk kembali membangun daerahnya. ‎

Sejak 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan beberapa Pemda telah membantu sekitar 1.809 orang siswa yang berasal dari tanah Papua. (esy/jpnn)

Selengkapnya: www.jpnn.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.