Kasihan, 423 Siswa Belajar sambil Lesehan

0
452

TANJUNG SELOR – Sungguh memprihatinkan kondisi  423 siswa SMKN 2 Tanjung Selor. Pasalnya, mereka harus belajar dengan cara lesehan. 

Tak hanya di teras gedung sekolah, pantauan Bulungan Post (Jawa Pos Group), siswa juga terlihat belajar lesehan di halaman, Senin (25/7).

Siswa yang duduk lesehan di depan kelas di atur menjadi dua baris. Sedangkan yang di halaman belajar di bawah tenda. Siswa diatur sesuai kelas dan jurusan masing-masing. Jumlah pelajar keseluruhan SMKN 2 Tanjung Selor 615 siswa, mulai kelas 10 hingga kelas 12. 

Yang belajar di luar ruangan merupakan siswa kelas 11 dan 12 dengan jumlah mencapai 423 orang. Sementara yang menggunakan ruangan kelas diperuntukkan bagi siswa baru, yakni kelas 10 yang berjumlah 192 orang. 

Jumlah siswa baru tersebut telah dibagi berdasarkan rombongan belajar (rombel) dengan 6 jurusan yang tersedia di SMKN 2. 

Tiap rombel diisi sebanyak 32 siswa. Jurusan yang tersedia meliputi pemasaran, usaha perjalanan wisata (UPW), keperawatan, perbankan, teknik komputer dan jaringan (TKJ) dan multi media (MM). 

Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMKN 2 Tanjung Selor Jarmanto Sudibya mengatakan, siswa harus belajar di luar karena keterbatasan ruangan. 

Bahkan, ruangan laboratorium pun dipergunakan untuk menutupi kekurangan kelas. Untuk jurusan teknik komputer dan jaringan (TKJ) dan multi media (MM) belum ada ruangan. 

“Yang menggunakan ruangan laboratorium merupakan siswa kelas 11,” ujar Jarmanto yang ditemui media ini. 

Menurutnya, minimnya ruangan kelas dikarenakan pengalihan kurikulum yang sebelumnya menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) menjadi kurikulum 2013. 

“Kurikulum 13 ini mewajibkan bagi siswa untuk masuk sekolah pagi hari, tidak ada sudah masuk siang,” imbuhnya. 

Mengenai penerimaan siswa baru di SMKN 2, diakui Jarmanto sudah sesuai kuota dan jurusan yang ada. Saat pendaftaran penerimaan peserta siswa baru (PPDB) lalu, jumlah siswa yang mendaftar mencapai 579 pelajar. Namun diseleksi dan meluluskan untuk kelas 10 sebanyak 192 siswa. (*/uno/fen/sam/jpnn) 

Selengkapnya: www.jpnn.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.