Masdik.Com Sebagai Portal Pendidikan

0
803

Oleh: Suparlan *)

Mulai dengan apa itu portal? Portal adalah sebuah pintu atau pintu gerbang utama dunia maya untuk mencari dan memenukan pelbagai informasi. Ibarat satu kampung, kalau masuk ke kampung itu kita harus melewati dan kemudian membuka portalnya. Kampung itu berisi apa? Kampung itu dinamakan kampung apa ya? This world is like a kampong!  The borderless kampong. The kampong is an educational kampong. Portal ini kita beri nama Portal Pendidikan, karena berisi informasi tentang pendidikan. Sekali lagi, portal ini diberi nama Portal Pendidikan. This portal is an educational portal. Portal MASYARAKAT PENDIDIKAN, disingkat MASDIK.COM.

Nama MASDIK.COM

Nama MASDIK.COM adalah singkatan dari MASYARAKAT PENDIDIKAN. Masyakarat artinya sekelompok orang, atau sekumpulan orang yang memiliki kepedulian tentang pendidikan. Masyarakat tidak dapat disamakan dengan birokrasi, karena birokrasi berfungsi sebagai pelaksana pemerintahan atau eksekutif, yang berbeda dengan legislatif yang berarti pembuat undang-undang, dan yudikatif adalah yang mengadili orang-orang yang melanggar undang-undang. Masyarakat Pendidikan adalah kelompok orang yang peduli pendidikan. Kelompok orang ini sebagai organisasi atau lembaga resmi atau tidak resmi. Organisasi resmi seperti organisasi sosial kemasyarakatan atau sosial keagamaan. Asal tidak mengatasnamakan organisasi reminya, maka kelompok orang ini dapat termasuk dalam masyarakat pendidikan. Juga bukan organisasi atau institusi birokrasi yang tadi sudah disebutkan.

Dalam hal ini, Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah adalah sebagai MASYARAKAT PENDIDIKAN. Karena organisasi atau lembaga ini bukan sebagai organisasi birokrasi, dalam arti bukan sebagai lembaga eksekutif. Bukan pula lembaha legislatif, dan bukan pula lembaga yudikatif. Dewan Pendidikan adalah wadah peran serta masyarakat, yakni MASYARAKAT PENDIDIKAN, atau REPRESENTASI MASYARAKAT DALAM BIDANG PENDIDIKAN, ATAU WADAH PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM BIDANG PENDIDKAN, TERMASUK KOMITE SEKOLAH. Termasuk Komite Sekolah adalah representasi masyarakat dalam bidang pendidikan. Itulah MASYARAKAT PENDIDIKAN. That is all.

Visi, misi, dan tujuan MASDIK.COM

Semua organisasi atau institusi memiliki visi, misi, dan tujuan. MASDIK.COM mempunyai visi, misi dan tujuan. Visi adalah tujuan jangka panjang yang hendak dicapai. Misi adalah diskripsi atau bagian untuk mencapai visi tersebut. Tujuan adalah bagian dari misi untuk mencapai cita-cita yang hendak dicapai. Misi dan tujuan suatu organisasi atau lembaga dirancang untuk mencapai visi organisasi. Bahkan untuk mencapai semuanya itu, baik visi, misi, dan tujuan organisasi diperlukan satu keyakinan (beliefs). Kayakinan MASDIK.COM adalah KERJA KERAS DAN KERJA IKHLAS, DENGAN NAMA ALLAH.

Visi MASDIK.COM: menjadi media sosial dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang unggul bukan hanya lokal, tetapi juga nasional dan internasional.

Misi MASDIK.COM adalah:

  1. Menjadi media teknologi informasi dan komunikasi yang lengkap, benar, dan objektif.
  2. Menjadi media teknologi informasi dan komunikasi yang menarik.
  3. Menjadi media teknologi informasi dan komunikasi yang bermanfaat bagi pribadi, masyarakat, negara, dan bangsa.

Tujuan MASDIK.COM:

  1. Menyediakan dan menyajikan informasi dalam bidang pendidikan secara benar dan objektif kepada masyarakat pendidikan.
  2. Menciptakan tampilan informasi dalam biang pendidikan secara manarik kepada masyarakat pendidikan.
  3. Menerima usulan dan masukan informasi dari masyarakat untuk diteruskan kepada masyarakat pendidikan yang membutuhkan

Kategori-Kategori MASDIK.COM

Ibarat rumah yang besar, MASDIK.COM memiliki gapura yang besar, yang terdiri beberapa pintu yang lebih kecil yang disebut kategori untuk dapat memperoleh informasi yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya untuk mencari informasi tentang PAUD (pendidikan anak usia dini), pendidikan untuk masyarakat seperti suatu kursus, bahkan usulan dan masukan dari  masyarakat kepada Pemerintah, melalui Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.

Oleh karena itu, tiga ketegori yang disediakan dalam MASDIK.COM adalah berupa konten atau substansi pendidikan, yakni:

  1. PENDIDIKAN INFORMAL
  2. PENDIDIKAN FORMAL
  3. PENDIDIKAN NONFORMAL
  4. LEMBGA ADHOCK PENDIDIKAN

Kategori-kategori tersebut dapat dibuka dengan pelbagai media:

  1. Berita melalui visual (gambar, image, foto, karikatur).
  2. Verbal (tulisan) dengan desain yang menarik.
  3. Suara audio dan
  4. Video

Inilah MASDIK.COM tempat Anda semua mencari informasi tentang PENDIDIKAN. Jangan ke mana-mana di sinilah tempatnya di MASDIK.COM.

Depok, 2 September 2016.

BAGIKAN
Berita sebelumyaIni 7 Arah Kebijakan Sektor Pendidikan Tahun 2017
Berita berikutnyaJantung Pisang Jadi Rendang
Hallo, Saya Suparlan. Penulis buku pertama saya berjudul MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA, tentang KECERDASAN MAJEMUK. Silakan membuka laman pribadi www.suparlan.com dan portal pendidikan Masdik.com. Sampaikan ide dan masukan. Bahkan BAHAN DISKUSI untuk memperkaya portal pendidikan ini. Matur nuwun sanget.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.