Menyongsong Bulan Bhinneka Tunggal Ika

0
1073

Oleh: Suparlan *)

Mendikbud mengingatkan kehadiran Bulan Oktober 2016 sebagai Bulan Bahasa. Dalam bulan tersebut, Kemendikbud memiliki acara spesial untuk meluncurkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi V.  MASDIK.COM tertarik dan kemudian menyambutnya dengan antusias kehadiran bulan bahasa, khususnya dengan peluncuran KBBI Edisi V tersebut.

Beberapa bulan lalu, seperti diatur saja, alhamdulillah, MASDIK.COM telah menulis MISPARI, akronim Mandarin, Inggris, Spanyol, Prancis, Arab, Rusia dan Indonesia, bermaksud untuk menujukkan kepada masyarakat betapa besarnya potensi Bahasa Indonesia dalam sebagai lingua franca, sebagai bahasa ke-7 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Oleh karena itu peluncuran KBBI Edisi V merupakan peristiwa besar di republik ini yang harus disambut oleh Kemendikbud, dengan berbagai kegiatan yang produktif. Bukan hanya gedung Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang sudah selesai dipugar, dan tata ruangnya juga sudah direnovasi, tetapi juga produk-produk inovatifnya perlu diluncurkan dan diinformasikan kepada anak-anak bangsa di negeri tercinta Indonesia ini.

MASDIK.COM menyambut kehadiran KBBI Edisi V dengan membaca (dalam arti luas), dan memanfaatkan dan menilai, serta menggunakannya sebagai panduan dan rujukan dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebagai contoh, MASDIK menelusuri sejarah penggunaan kosa kata CERDAS DAN CERGAS dalam KBBI, apakah kedua kata tersebut telah digunakan secara efektif, sebagaimana penggunaan kalimat MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA dalam Pembukaan UUD 1945, yang ternyata secara efektif telah digunakan oleh Howard Gardner, seorang professor pendidikan Universitas Harvard, dalam konsep MULTIPLE INTELLIGENCES yang secara luas digunakan dalam KECERDASAN MAJEMUK.

Menyongsong bulan bahasa menjadi bulan BHINNEKA TUNGGAL IKA

Terkait dengan menyongsong kehadian BULAN BAHASA tersebut, MASDIK.COM terpikir untuk memperluas konsepsi BULAN BAHASA menjadi BULAN BHINNEKA, karena bahasa merupakan satu dari TIGA SUBSTANSI SUMPAH PEMUDA pada tanggal 28 Oktober 1928. Satu kesatuan TANAH AIR, BANGSA, DAN BAHASA, bahkan Kemendikbud menambahnya dengan DATA. Jadi hal ini merupakan konsep besar yang telah dilahirkan oleh para pemuda di republik ini. Dalam hal ini, Kemendikbud perlu mematut-matut kemungkinan untuk memperluas dan memperkuat BULAN BAHASA menjadi BULAN BHINNEKA TUNGGAL IKA. Bukankah Bahasa menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan BULAN BHINNEKA TUNGGAL IKA, insya Allah.

Negara kepulauan terbesar

Indonesia memang menjadi negara kepulauan terbesar di dunia. Kita harus bersyukur, karena itu rahmat yang terbesar juga bagi negeri ini. Indonesia menjadi negeri Muslim terbesar di dunia. Alhamdulillah. Kenyataan ini tentu tidak dapat menutup mata siapa pun, termasuk PBB dan negara mana pun di dunia. Bahasa Indonesia memang pantas menjadi Bahasa yang banyak digunakan di dunia. Itulah sebabnya, Bapak Dadang Adnan Dahlan mencoba bernyanyi sendiri untuk mengusulkan agar Bahasa Indonesia dapat melengkapi menjadi tujuh Lingua Franca Internasional dengan sebutan MISPARI, singkatan dari 1) Mandarin, 2) Inggris, 3) Spanyol, 4) Prancis, 5) Arab, 6) Rusia, dan 7) Indonesia. Dadang Adnan Dahlah adalah mantan Ketua Komite Sekolah SDN Cibeusi, Kecamatan Jatinagor, Kabupaten Sumedang, pemegang rekor MURI karena memiliki 54 lagu tentang sekolahnya. Mengingat BULAN BAHASA tersebut perlu diperluas dan diperkuat menjadi BULAN BHINNEKA TUNGGAL IKA, maka mantan ketua Komite Sekolah SDN Cibeusi Jatinagor ini harus siap untuk mengugubah lagu berikutnya, yakni BULAN BHINNEKA TUNGGAL IKA.

Berikut ini adalah sair lagu karya beliau berjudul Tujuh Bahasa Resmi PBB, yang siap dalam waktu yang tidak terlalu lama, insyaallah irama lagunya akan segera dapat kita dengarkan.

BAHASA RESMI PBB KETUJUH *)
Karya Dadang Adnan Dahlan

Anda tahu PBB atau UNO
Itu Perserikatan Bangsa-Bangsa
Dorong kerja sama ‘sluruh dunia
Hari jadi dua puluh delapant Oktober

Dukung cita-cita luhur bersama
Bahasa Indonesia yang “ketujuh”
Bahasa resmi putusan PBB
Lingua franca internasional

Pergunakan dengan baik dan benar
Karunia bahasa Indonesia
Bahasa ibu: bahasa daerah
Jati diri bangsa Indonesia

Songsong masa depan “MISPARI”
Enam bahasa resmi dunia PBB
Mandarin, Inggris, Spanyol, Prancis
Arab, Rusia, serta Indonesia

Jatinangor, 6 September 2016.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.